Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan penyiaran multimedia digital

Sistem radio satelit sebenarnya adalah bagian dari kelompok penyiaran media yang lebih besar, yang oleh para spesialis disebut sebagai Digital Multimedia Broadcasting atau DMB. Sistem transmisi digital ini digunakan untuk mengirim data ke receiver yang berbeda seperti radio, pesawat televisi atau ponsel dan PDA. Ada dua cara berbeda untuk menggunakan penyiaran multimedia digital - S-DMB yang disiarkan melalui satelit atau T-DMB yang menggunakan pemancar terestrial. Kompleksitas keseluruhan bidang penyiaran multimedia digital sangat besar. Dari semua fitur dan karakteristik yang ditawarkan penyiaran digital, radio satelit mungkin yang paling spektakuler karena menghasilkan minat yang sangat besar dan memicu persaingan yang ketat antara dua penyiar radio satelit utama, Sirius dan XM Radio. Perkembangan radio satelit dan bentuk penyiaran digital lainnya sangat spektakuler karena menawarkan dua kualitas utama yang tidak terkalahkan oleh penghasil terestrial: kualitas dan jangkauan. Dalam kasus radio satelit, misalnya, kualitas suara dari siaran satelit jauh lebih tinggi daripada siaran AM atau FM, karena suara mendesis dan gangguan transmisi akan dieliminasi.

Fitur teknis penyiaran multimedia digital - ikhtisar

Entah itu mengacu pada televisi, radio satelit atau transmisi telepon seluler, penyiaran multimedia digital didasarkan pada standar Eureka 147 DAB. Televisi digital menggunakan T-DMB yang dibuat untuk transmisi pada pita frekuensi III (VHF) dan L (SHF). T-DMB adalah standar ETSI (TS 102 427 dan TS 102 428).
T-DMB menggunakan MPEG-4 Part 10 (H264) untuk video dan MPEG-4 Part 3 BSAC atau HE-AAC V2 untuk audio. Ketika datang ke radio satelit, ada beberapa masalah yang harus diselesaikan oleh penyiar radio satelit utama. Penerima radio satelit harus berada di garis pandang satelit untuk menerima transmisi - dan ada masalah karena objek lansekap yang berbeda menghalangi transmisi langsung. Perangkat berbasis darat dipasang untuk menghilangkan tidak adanya transmisi satelit langsung. Karena spektrum siaran yang lebih luas harus ditutup, siaran multimedia digital menggunakan modulasi OFDM-4DPSK dan chip penerima T-DMB juga disediakan oleh MPEG-2 Transport Stream De-multiplexer. Ini membantu mengurangi efek negatif dari bayangan dan kepudaran, hadir dalam banyak transmisi digital.

Masa depan penyiaran multimedia digital

Transfer dari dunia analog ke digital sudah jelas di semua bidang pekerjaan. Sejak penyiaran multimedia digital berkembang begitu cepat, terjadi pertarungan diam antara teknologi digital era baru dan analog klasik. Tentu saja, banyak yang membandingkan transisi dari analog ke era digital sepenuhnya dengan cara kaset audio digantikan oleh CD dan kemudian bahkan DVD. Namun, perkembangan penyiaran multimedia digital lebih lambat karena terjadi pada begitu banyak tingkatan pada saat bersamaan. Televisi digital membawa kita ke ruang baru yang pada dasarnya merupakan hibrida fitur TV biasa dan karakteristik Internet. Radio satelit juga mengambil lompatan besar ke depan, dengan semakin banyak program yang memiliki eksklusivitas radio satelit. Bahkan ada diskusi tentang kejadian bergerak seperti MLB secara eksklusif di radio satelit, yang akan memberikan salah satu serangan mematikan pertama terhadap siaran radio terestrial. Transmisi data digital cepat dan akurat, dan sejauh ini kenyataan membuktikan bahwa satelit yang digunakan untuk memudahkan penyiaran dan dapat diandalkan. Sebagian besar perusahaan penyiaran multimedia digital yang memiliki satelit juga memiliki cadangan yang siap masuk orbit dan mengganti yang cacat. Beberapa manfaat lain dari penyiaran multimedia digital merekomendasikan hal ini sebagai langkah selanjutnya dalam pengembangan penyiaran. Dari sudut pandang konsumen, pilihan kualitas dan interaktivitas TV digital atau siaran radio satelit adalah fitur penting. Meskipun sebagian besar saluran dan teknologi penyiaran multimedia digital masih kompleks dan terkadang mahal, evolusi penyiaran digital nampaknya berada di sini untuk tinggal.

Posting Komentar untuk "Perkembangan penyiaran multimedia digital"