Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Olahraga yang Cocok Untuk Kesehatan Jantung


 Menerapkan gaya hidup sehat merupakan salah satu cara menjaga kesehatan jantung. Termasuk kedalam gaya hidup yang sehat ini adalah dengan melakukan olahraga secara teratur.

Ada berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari berolahraga secara teratur untuk kesehatan jantung. Baik manfaat yang secara langsung berhubungan dengan kesehatan jantung seperti menjadikan otot otot pada jantung menjadi lebih kuat maupun yang tidak berhubungan secara langsung seperti menjaga berat badan agar tetap normal misalnya.

Ada sangat banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Namun secara umum olahraga ini sebenarnya dibagi kedalam 3 tipe olahraga saja. Ketiga tipe atau jenis olahraga yang cocok untuk kesehatan jantung tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:


Aerobik

Aerobik adalah jenis olahraga yang memicu meningkatnya denyut jantung serta laju pernapasan. Untuk menjaga kesehatan jantung sendiri ada beberapa jenis olahraga aerobik yang bisa kita pilih untuk kita lakuan baik itu jenis olahraga aerobik intensitas rendah maupun intensitas tinggi. Untuk jenis aerobik intensitas rendah misalnya saja adalah jalan cepat,sedangkan untuk jenis aerobik dengan intensitas tinggi jenisnya ada cukup banyak misalnya saja lari / jogging, bersepeda di medan yang terjal, sepakbola dan yang sejenisnya. Olahraga jenis aerobik ini memiliki manfaat yang cukup banyak seperti mampu menurunkan tekanan darah, serta mengontrol kadar gula darah.


Olahraga Jenis Ketahanan

Olahraga jenis ketahanan ini erat kaitannya dengan kekuatan. Beberapa contoh olahraga jenis ini adalah angkat beban, push up, pull up serta squat. Olahraga jenis ini memiliki berbagai manfaat termasuk mencegah atau setidaknya meminimalisir terkena serangan jantung atau bahkan stroke. Olahraga jenis ketahanan jika dikombinasikan dengan olahraga jenis lain seperti aerobik misalnya bisa menurunkan kadar lemak jahat / low density lipoprotein (LDL) dalam tubuh.


Olahraga Jenis Fleksibilitas Tubuh

  Jenis olahraga ini memang tidak berpengaruh secara langsung terhadap kesehatan jantung. Akan tetapi olahraga jenis ini umumnya cocok dilakukan sebelum melakukan olahraga jenis lainnya. Sebagai contoh kita perlu melakukan peregangan tubuh terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga aerobik maupun olahraga ketahanan.


Posting Komentar untuk "Jenis Olahraga yang Cocok Untuk Kesehatan Jantung "